Dinilai Tak Mampu Imbangi Pemko, DPRD Siap Dikritisi & Menerima Masukan Masyarakat

0
133

SumutPress|SIANTAR – ‎Penilaian yang menyebutkan pihak DPRD Kota Pematangsiantar sebagai lembaga Legislatif tidak mampu mengimbangi kinerja Pemerintah Kota (Pemko) dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dianggap sah-sah saja.

Seperti disampaikan Ketua DPRD Kota Pematangsiantar, Eliakim Simanjuntak SE, ketika dimintai tanggapan terkait adanya penilaian seorang akademisi hukum soal DPRD, yang sudah 3 tahun bertugas, tidak mampu mengimbangi Pemko dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Senin (4/9/2017).


“‎Penilaian itu sah-sah saja, apalagi akademisi yang menilai begitu, itu bisa kita terima. Dan kita siap dikritisi dan diberikan masukan sebagai DPRD Kota Pematangsiantar. Tetapi , Fungsi kami ada 3, semua itu kami lakukan. Kalo tidak ada, coba, yang mana rupanya fungsi kami yang terabaikan, di jelaskan dulu,” tuturnya.

Ketika disebutkan salah satu contoh, DPRD yang dinilai tidak bisa melaksanakan salah satu haknya, yaitu hak inisiatif seperti Perda Inisiatif. Eliakim yang sempat bertanya, menegaskan bahwa dalam tahun ini pihaknya akan segera mensahkan 2 Perda Inisiatif DPRD.

“Kutanyalah dulu, selama ini ada tidak DPRD Kota Pematangsiantar yang sudah membuat Perda Inisiatif, saya rasa belum. Baru kami ini yang mau membuat Perda inisiatif, itukan masalah waktu aja. Kalo Perdanya kan sudah siap, tinggal mensahkan ajanya itu. Tahun ini pasti kami paripurnakan itu, karena draft-nya pun sudah siap itu,” cecarnya. 

Eliakim Simanjuntak SE.

Adapun Perda Inisiatif DPRD yang dimaksud Eliakim adalah Perda Tentang Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Perda mengenai Benda Cagar Budaya‎. “Sudah kita jadwalkan itu. Jadi, yakinlah, sebagai wakil rakyat kami sangat membutuhkan kritikan dan masukan dari masyarakat untuk memperbaiki dan kemajuan kota ini,” tandasnya. (FN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here